JURNAL PENDIDIKAN DAN PENGEMBANGAN PROFESI

Abstract

Sistem pembelajaran IPS di kelas VIII D SMPN 1 Rowokangkung saat ini masih cenderung menggunakan metode ceramah dimana proses pembelajaran berpusat pada guru. Pada penggunaan metode ceramah hampir tidak melibatkan aktivitas siswa, sehingga siswa menjadi pasif dalam proses pembelajaran. Untuk menumbuhkan keaktifan siswa dalam pembelajaran IPS adalah menggunakan pembelajaran aktif. Salah satunya menggunakan model pembelajaran Think Talk Write (TTW). TTW mendorong siswa untuk berpikir, berbicara, dan kemudian menuliskan suatu topik tertentu. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 2 siklus dengan setiap siklus mengandung 4 tahapan yaitu: perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VIII D SMPN 1 Rowokangkung. Data yang diperoleh berupa hasil tes formatif dan lembar observasi aktivitas belajar siswa. Dari hasil analisis didapatkan bahwa aktivitas siswa mengalami peningkatan, dari siklus I diperoleh rata-rata persentase aktivitas think sebesar 69%, talk sebesar 74%, dan write sebesar 78%.  Pada siklus II didapatkan rata-rata persentase aktivitas think sebesar 81%, talk sebesar 85%, dan write sebesar 87%. Ketuntasan hasil belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I sampai siklus II yaitu, siklus I (71%), siklus II (88%). Kesimpulan dari penelitian ini adalah model pembelajaran kooperatif Think Talk Write dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPS Siswa Kelas IX A  SMPN 1 Rowokangkung.

Keyword

Think Talk Write, aktivitas belajar, hasil belajar
jurnaljp3

Tentang

Jurnal JP3 berisi artikel-artikel hasil penelitian mahasiswa STKIP PGRI LUMAJANG.

Jurnal JP3 dipublikasikan sebanyak dua kali setiap tahun oleh STKIP PGRI LUMAJANG.

Untuk informasi lebih lanjut, silakan menghubungi redaksi jurnal.

Arsip

Kontak